Kamis, 20 November 2008

Faizal Riza (0608769)

NAMA : FAIZAL RIZA
NIM : 0608769


1. Jelaskan ruang lingkup kajian dari geografi politik?
Jawaban :
Ada 3 ruang lingkup geografi, yaitu :

a. Environmental relationships
Ruang lingkup ini lebih menekankan pada studi perbedaan dan keanekaragaman wilayah negara dan penduduknya di muka bumi dan hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan alamnya akibat dorongan kehidupan dan keanekaragaman wilayah negara.

b. National power
Menekankan pada masalah kekuatan atau kekuasaan negara. Prinsip ini dikembangkan oleh Ratzel.

c. Political Region
menitikberatkan pada hal-hal yang bersifat teoritis seperti dasar, tujuan, dan ruang lingkup geografi politik serta pengorganisasian keruangan.


2. Jelaskan pendekatan geografi politik dalam membahas objek studinya! Berikan contoh dari masing-masing pendekatannya?
Jawaban :
a. Pendekatan historis
Pendekatan ini mengkaji suatu negara berdasarkan asal mula dan perkembangan negara tersebut. Manfaat dari pendekatan ini yaitu untuk mempelajari negara sebagai individual case. Contohnya, kehidupan masyarakat suku Bushmenyang hidup distepa dan gurun kalahari disebelah tenggara benua Afrika. Kelompok suku Bushmen diatur berdasarkan garis keturunan ibu (clan). Tiap kelompok suku Bushmen menempati wilayah yang sangat spesifik. Tiap kelompok masing-masing menghormati batas wilayahnya masing-masing dengan ketaatan yang luar biasa. Siapaun yang tinggal ditempat itu mengetahui tiap semak belukar, batu dan permukaan tanah yang ada. Pembagian kelompok pada suku Bushmen dengan wilayahnya masing-masing ini boleh jadi merupakan cikal bakal berdirinya suatu negara.

b. Pendekatan faktual
Pendekatan ini digunakan untuk mempelajari kenyataan-kenyataan kehidupan politik suatu negara dengan berbagi unsur geografisnya seperti luas, bentuk, wilayah, iklim, sumberdaya dan penduduk. Cntohnya adalah negara Singapura yang mempunyai letak cukup strategis yaitu berada di perantaraan antara laut Cina Selatan dan Selat Malaka, seperti kita ketahui bahwa perairan tersebut merupakan perairan yang sangat sibuk karena perairan tersebut digunakan sebagai jalur utama transportasi laut. Walaupin negaranya tidak luas yaitu hanya 618 km2 namun dengan letak yang strategis ini menempatkan Singapura sebagai bandar alih muatan kapal terbesar dunia.

c. Pendekatan fungsional
Pendekatan ini mengkaji tentang bagaimana suatu negara membina dirinya sendiri. Pendekatan ini mempelajari kekuatan sutu negara yang sifatnya nonpolitis seperti iklim, pegunungan, penyebaran penduduk yang tidak merata, pengaruh faktor fisik dan manusia terhadap aktivitas politik negara, bagaimana pengaruh aspek politik yang dilaksnakan terhadap aspek lain, bagaimana hubungan luar negeri dan bagaiman tingkat ketergantungan suatu negara terhadap negara lain. Contohnya, tanah air kita memilki lauas wilayah tadari 7.913.250 km2 dan memiliki sekitar 17.508 pulau, adalah potensi yang sangat luar biasa. Suadh menjadi fakta sejarah bahawa pada masalalu negara kita menjadi rebutan bangsa lain seperti ; inggris, Portugis, Belanda dan Jepang. Karena kekayaan alam nya yang melimpah, sudah sepantasnya warga Negara kita menjaga, mengelola, dan memanfaatkan isinya. Supaya tidak kembali jatuh pada tangan-tangan kolonial yang hanya menginginkan kekayaan alamnya saja.

d. Pendekatan relationship.
Pendekatan ini lebih menekankan pada hubungan faktor-faktor lingkungan (alam) dengan aspek-aspek politik secara sedehana pendekatan ini digunakan untuk mengkaji kemakmuran suatu negara dilihat dari ketersediaan faktor sumber daya alam. Perhitungan kekayaan alam menjadi dasar pada kesadaran suatu bangsa untuk mempertahankan dan melangsungkan hidupnya.



3. Geografi politik berbeda dengan geopolitik? Jelaskan perbedaannya dan berikan contoh konkritnya (minimal contoh 2)!
Jawaban :
Definisi geografi politik adalah ilmu yang mempelajari relasi antara kehidupan dan aktivitas politik dengan kondisi-kondisi alam dari suatu Negara, atau dengan kata lain mempelajari the states and its natural environment. Sebagai contoh : Contohnya, Negara Khasmir merupakan negara yang mengalami masalah terhadap wilayahnya yang diapit oleh dua negara yang bersitegang yaitu India dan Pakistan. Kedua negara tersebut berasal dari etnis yang sama tetapi berbeda keyakinan dan masih memilki keterikatan terhadap wilayah di Negara Khasmir. Kemudian Masyarakat Eknomi Eropa yang saling bahu membahu membangun kondisi negara anggota yang mengalami krisis, sehingga negara anggota yang lain membantu, baik dari segi moril maupun materil supaya bisa bersama-sama maju dan berkembang. Hal ini menunjukan bahwa umumnya dinegara-negara Eropa atau khusunya di masyarakat Eropa, masih meiliki keterikatan dan kepedulian terhadap wilayah dan lingkungannya.
Sedangkan geopolitik adalah pemanfaatan ilmu dari geografi untuk maksud politik praktis. Contohnya adalah Contohnya, pada perang Dunia II, Jerman melakukan ekspansi besar-besaran ke negara tetangganya, dikarenakan pada saat itu Negara jerman mempunyai anggapan bahwa bangsa Aria adalah bangsa yang paling unggul, Mereka berekspansi ke negara lain, agar dapat menjadi pemimpin pan Euro-Afrika. Begitu juga bangsa Amerika, yang berusaha menyatukan Pan-Amerika.


4. Studi kekuatan (power) negara-negara menjadi bagian dari kajian geografi politik. Jelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi kekuatan suatu negara?
Jawaban :
Setiap Negara memiliki kekuatan, namun kekuatannya tersebut berbeda-beda di setiap Negara. Geografi politik mempelajari mengenai hal kekuatan negara ini, karena kekuatan Negara adalah bagian yang tidak terpishkan dari studi geografi.
Menurut Hans J.Morgenthau menyebutkan bahwa kekuatan Negara mempunyai sembilan unsure, yaitu :
1. Faktor Geografi.
Faktor ini lebih menekankan pada letak geografis suatu negara. Seberapa besar pengaruh dan letak geografis terhadap negara tersebut khususnya dalam hal kekuatan, baik kekuatan kedalam maupun kekuatan keluar.

2. Sumber Pendapatan Alami
Sumber pendapatan alami adalah sumber daya alam yang berasal dari dalam negara yang bisa berupa bahan makanan, bahan mineral, sumber energi, sumber daya air, sumber daya tanah ataupun yang lainnya.

3. kemampuan industri
Kemampuan industri adalah kemampuan suatu Negara untuk memproduksi suatu brang yang berguna. Setelah terjadi revolusi industri, factor ini menjadi sangat penting bagi kekuatan suatu Negara khususnya dalam pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat.

4. militer
Kekuatan militer sering kali menjadi kekuatan yang paling ditonjolkan oleh suatu Negara setelah tidak ada masalah pada ekonominya, karena bagaimanapun kekuatan militer tidak akan berkembang jika tidak ditunjang oleh kekuatan ekonominya.

5. populasi
Potensi penduduk merupakan factor yang esensial bagi Negara, karena sering dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui peranan dan kekuatan Negara tersebut.

6. karakter nasional
Karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan. Karakter ini merupakan factor yang menentukan apakah Negara itu baik atau buruk di mata internasional.

7. Moral Nasional
Moral nasional disini merupakan moral yang dimiliki oleh keseluruhan warga negara, baik dan buruknya moral nasional berpengaruh terhadap pandangan negara lain terhadap negara tersebut.

8. Kualitas diplomasi
Diplomasi merupakan urusan atau penyelenggaraan perhubungan antara dua negara atau lebih dan bersifat resmi, pengetahuan dan kecakapan dalam hal yang berkaitan antara dua negara secara resmi.

9. Kualitas Pemerintahan.
Pemerintah selaku pihak yang menjalankan pemerintahan atau yang mengendalikan negara merupakan faktor penting dalam menentukan kekuatan.


6. Jelaskan faktor geografi (luas, bentuk, batas negara) merupakan variabel kekuatan negara!
Jawaban :

Faktor geografis lebih menekankan pada berapa besarkah pengaruh dan letak geografis suatu negara tersebut khususnya dalam hal kekuatan, baik kekuatan kedalam maupun kekuatan keluar. Faktor geografis bukan hanya posisi atau letak negara. Faktor yang masih berhubungan dengan faktor geografis adalah iklim, topografi arus laut, hembusan angin, jenis tanah, faktor geologis dan lain-lain. Dengan demikian makna faktor geografis adalah faktor lingkungan hidupatau ruang hidup dimana kehidupan negara berlangsung. Unsur dari faktor geografis pada dasarnya merupakan faktor alam pemberian Allah SWT. Walaupun demikian, jika salah kelola terhadap lingkungan alam maka kekuatan negara akan berkurang dengan sendirinya.


Sumber Rujukan :

• Hayati, Sri, dan Yani, Ahmad, 2007 Geografi Politik. Rapika Aditama: Bandung.
• Harsawaskita, A. 2007. “Great Power Politics di Asia Tengah Suatu PandanganGeopolitik”. dalam Transformasi dalam Studi Hubungan Internasional.Bandung: Graha Ilmu

Tidak ada komentar: